Analisis penjualan Daihatsiu Xenia di Dealer Rezeki Daihatsu Cabang Kota Bandung.

                   Daihatsu HR Muhammad Terapkan Astra Biz Centre | Otoplasa                                https://otoplasa.com/daihatsu-hr-muhammad-terapkan-astra-biz-centre/

ABSTRAK

ANALISIS PENJUALAN DAIHATSU XENIA DI DEALER REZEKI DAIHATSU CABANG KOTA BANDUNG.
Pada jaman sekarang ini mobil sudah seperti kebutuhan bagi masyarakat, apalagi mobil-mobil yang merakyat seperti Daihatsu Xenia,dll. Lalu kami penasaran akan alasan masyarakat dalam memilih Daihatsu Xenia ini dan apasih strategi yang digunakan dalam penjualan mobil Daihatsu Xenia ini. Karena itu kami melakukan analisis mengenai hal tersebut, untuk dapat memaparkan strategi penjualan Daihatsu Xenia di Kota Bandung dan dapat menganalisis penjualan Daihatsu Xenia. Dan untuk pemaparan penulisan ini adalah menjelaskan masalah yang terjadi dalam latar belakang. Dari penelitian ini kami membahas tentang strategi penjualan dan alasan mengapa Daihatsu Xenia masih pamor hingga saat ini, yang contohnya saja dikarenakan model dan desainnya yang tidak ketinggalan zaman. Jadi dari beberapa hal yang menjadi patokan dan pandangan kami, kami jadi mengetahui bahwa Daihatsu Xenia masih dapat menjual produknya dengan sangat baik dan masih dapat bersaing dengan mobil-mobil sekelasnya.
Kata Kunci: Penjualan, Strategi, Desain Produk

. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Kendaraan saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama di semua kalangan. Dengan semakin meningkatnya daya beli masyarakat akan mobil trasportasi, maka permintaan akan mobil sarana transportasi ini akan meningkat sehingga perusahaan harus mampu untuk dapat mengambil suatu langkah-langkah kebijaksanaan dalam bidang penjualan produk kendaraan menjadi salah satu dasar persaingan yang sangat ketat dalam hal membuat berbagai macam inovasi produksi mobil yang terbaik, salah satunya perusahaan besar produksi mobil yaitu Daihatsu xenia dengan membuat harga mobil yang murah dan berkulitas di Indonesia, salah satunya di Kota Bandung. Akan tetapi ternyata memproduksi mobil murah dan berkualitas mendapatkan beberapa hal-hal negative yang berdampak buruk bagi Kota Bandung, jumlah volume transportasi bertambah di Kota Bandung sudah sangat meningkat drastis tiap tahunnya. Untuk itu penelitian mengenai asnalisis harga penjualan Daihatsu Xenia di Rezeki Toyota cabang Bandung. Ada juga manfaat dari peneliatian ini yaitu Penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan wawasan, informasi, pemikirin, ilmu pengetahuan kepada pihak lain yang berkepentingan. Bagi penulis, diharapkan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh penulis dan berguna bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Memberikan informasi penerapan sistem penjualan pada delear Daihatsu xenia. Penelitian ini juga dilakukan dalam kurung waktu sekitar 1 tahun, dari tahun 2018 – 2019. Pada dasarnya setiap perusahaan mempunyai tujuan untuk memaksimalkan keuntungan baik perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa.Hal ini dapat tercapai apabila perusahaan bisa meningkatkan penjualan perusahaannya. Pada umumnya kelangsungan hidup perusahaan merupakan sasaran yang harus dicapai dan dipertahankan untuk itu diperlukan manajemen yang lebih baik, dalam hal ini menyangkut penjualan produk yang dihasilkan perusahaan agar tidak mengalami kerugian dalam produk dengan cara membuat mobil murah dan model yang bagus untuk menarik dijual di pasaran khususnya daerah Cileunyi,Bandung , Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk menulis artikel ilmiah dan menganalisis dengan judul yaitu Analisis penjualan Daihatsu xenia di rezeki Toyota cabang Bandung.


1.2 Batasan Masalah

Sistem penjualan Mobil Daihatsu Xenia sangat berkaitan dengan aktifitas penduduk di Kota Bandung. Oleh karena itu, penulis membatasi penelitian hanya pada:
1) untuk membatasi masalah penjualan Daihatsu xenia di kota Bandung khususnya daerah cileunyi.
2) untuk membatasi masalah penjualan Daihatsu xenia dari tahun 2018 – 2019.

1.3 Rumusan Masalah

Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka dapat diketahui rumusan masalah sebagai berikut:
1) apa sajakah faktor faktor yang mempengaruhi konsumen memilih Daihatsu xenia?
2) bagaimanakah strategi penjualan Daihatsu xenia?

1.4 Tujuan penelitian

Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, maka dapat diketahui tujuan penelitian sebagai berikut:
1) untuk memaparkan strategi penjualan di Daihatsu xenia di Kota Bandung.
2) untuk menganalisis penjualan Daihatsu xenia.

 

1.5 Metode Penyusunan

            Berdasarkan metode penyusunan, maka dapat diketahui metode penyusunan sebagai berikut:
1) Metode penulisan
metode penulisan yang digunakan adalah menjelaskan masalah yang terjadi dalam latar belakang.
2) Metode pengumpulan data 
dengan cara mewawancara karyawan Daihatsu xenia di cabang Bandung.

2.KAJIAN PUSTAKA

2.1 Daya Tawar Pembeli

Sama halnya dengan para pemasok dalam suatu industri atau penjualan yang dapat menjadi tekanan, para pembeli juga memiliki potensi menggunakan daya atau kekuatannya sehingga dapat membuat suatu industri atau penjualan barang menjadi kurang menarik.Pada intinya sebuah industri akan dianggap menarik jika:
a)     Jumlah pembeli dalam suatu industri tersebut besar
b)    Para pelanggan sulit mengumpulkan informasi mengenai biaya, harga, dan berbagai fitur produk pemasok.
c)     Suku candang atau bahan baku yang dijual oleh perusahaan dalam industri atau produk tersebut merupakan bagian yang relatif besar dari total biaya barang jadi para pelanggan mereka

2.2 Strategi Pemasaran

Menentukan target pasar dan potensinya adalah salah satu bagian dari penyusunan rencana bisnis yang paling penting serta paling menantang.
Mungkin kesalahan pemasaran terburuk yang dilakukan wirausahawan adalah kegagalannya dalam menentukan target pasar dan mencoba untuk membuat bisnisnya sebagai “semua produk untuk semua orang”. Pada dasarnya rencana bisnis harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
a)     Siapa pelanggan sasaran perusahaan (usia, jenis kelamin, tingkat penghasilan, dan karakteristik demografi lainnya)?
b)    Mengapa mereka membeli? Apa kebutuhan dan keinginan yang mendorong keputusan pembelian mereka

2.3 Periklanan dan Promosi

Setelah menentukan Target pasar, langkah berikutnya adalah merencanakan promosi dan iklan untuk meraih pelanggan secara lebih efektif

2.4 Tren dan Ukuran Pasar

Seberapa besar potensi pasar tersebut dan apakah pasar tersebut tumbuh atau menyusut. Hal itu dapat dipenggaruhi oleh tren saat ini

2.5  Penetapan Harga

Berapa biaya untuk menghasilkan dan mengirim produk atau jasa perusahaan dan berapa laba yang dihasilkan perusahaan. Hal ini merupakan salah satu factor untuk menetapkan harga suatu produk.

3. PEMBAHASAN

3.1 Keunggulan Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia adalah salah satu mobil yang masih bertahan pamornya dari dulu sampai sekarang dan mampu bersaing dengan mobil-mobil baru dari perusahaan lain ataupun perusahaan sendiri yang keluar tiap tahunnya di Indonesia. Ada beberapa faktor mengapa penjualan daihatsu xenia sesuai target dari tahun ke tahun. Yang pertama adalah model interior dan model mobilnya yang selalu ada peningkatan atau pembaharuan dari tahun ke tahunya yang membuat Daihatsu Xenia tidak pernah ketinggalan jaman. Yang kedua adalah spesifikasi mesinnya yang sudah sangat bagus untuk perjalanan dalam ataupun luar kota serta bensin yang irit. Dan ketiga tentunya adalah harganya yang sangat bersahabat dengan kantong dan bisa dibilang lebih murah dibanding pesaing-pesaingnya yang setipe di perusahaan lain. Mungkin banyak mobil yang memiliki performa dan desain yang lebih baik dari Daihatsu xenia namun harganya tidak dapat menyaingi Daihatsu xenia yang tentunya lebih murah dengan performa dan desain yang sudah cukup baik, dan mungkin juga banyak mobil yang lebih murah dari Daihatsu xenia tapi performa dan desainnya tidak dapat menyaingi mobil Daihatsu xenia itu. Jadi bisa dibilang mobil Daihatsu xenia dari segala sektor itu seimbang baik dari performa, desain, maupun harga yang membuat peminat mobil ini masih banyak dari tahun ke tahun.

3.2 Strategi Penjualan Daihatsu Xenia di Dealer Rezeki Daihatsu Bandung

Penjualan Daihatsu Xenia di rezeki Daihatsu cabang kota Bandung dan cara menyesuaikan harganya dengan cabang lain itu adalah kunci dari keberhasilan dealer “rezeki” kota bandung. Cara menyesuaikannya adalah dengan melihat harga pasar yg terjual di bandung dan menurunkan harganya dengan seefesien mungkin walaupun turunnya sedikit, agar bisa bersaing dengan dealer lain dan juga jangan lupa berikan banyak bonus pada konsumen. Bonus dan harga adalah suatu kunci atau hal yang menjadi tolak ukur konsumen untuk membandingkan mobil-mobil di setiap dealer yang akan dia beli mobilnya. Sebagai pemisalan konsumen akan membeli mobil dengan harga murah di dealer x daripada di dealer y yang harganya lebih murah, tapi ia akan membeli mobil di dealer y jika dealer y memberikan bonus yang lebih banyak disbanding dengan di dealer x yang bonusnya sedikit walaupun harganya lebih murah sedikit, tapi bagaimana jika dealer z meberikan harga yang lebih murah sedikit daripada dealer x dan memberikan hadiah yang lebih banyak daripada dealer y maka tentu saja konsumen itu pasti akan lebih memilih dealer z disbanding dealer x dan y.

 

4. PENUTUP

4.1 Simpulan

Kesimpulan dari artikel ini adalah mobil Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil yang masih bisa bersaing dengan mobil-mobil lain hingga saat ini, dikarenakan mobil ini bisa mengikuti zaman dari tahun ke tahun dari segi desain interior, model mobil, performa mobil tersebut untuk perjalanan dalam/luar kota, dan harga yang bersahabat. Banyak mobil-mobil yang lebih bagus dari Daihatsu xenia baik dari model ataupun performa mobilnya namun harganya tidak bisa menyaingi Daihatsu xenia itulah kenapa Daihatsu xenia peminatnya masih banyak di Indonesia dari tahun ke tahun. Dealer Rezeki Daihtsu kota Bandung memiliki strategi penjualan agar bisa menjual mobil ini sesuai target yang dia inginkan yaitu dengan menjual mobilnya sedikit lebih murah dari dealer lain dan memberikan banyak bonus atau hadian buat konsumen.

4.2 Saran

Harapan kami buat perusahaan Daihatsu khususnya mobil xenia agar mobil tersebut bisa selalu membuat terobosan-terobosan baru agar bisa bersaing di tahun-tahun yang akan dating dan tentunya dengan harga yang ekonomis. Dan untuk dealer Rezeki Daihatsu cabang kota bandung agar memberi banyak bonus bagi konsumen dan menjual mobilnya dengan harga yang lebih murah dibanding dealer lain. Dan harapan kami buat pembaca agar bisa lebih memahami mobil Daihatsu xenia dan menambah referensi anda jika ingin membeli mobil setelah membaca artikel kami.

 

5. DAFTAR PUSTAKA

Hery, S. (2017). Design The Business Plan For Star-Up Entrepreneur. Melakukan Analisis Kelayakan dan menyusun Rencana Bisnis Yang Unggul, 3-52.


Komentar