Analisis penjualan Daihatsiu Xenia di Dealer Rezeki Daihatsu Cabang Kota Bandung.
https://otoplasa.com/daihatsu-hr-muhammad-terapkan-astra-biz-centre/
ABSTRAK
ANALISIS
PENJUALAN DAIHATSU XENIA DI DEALER REZEKI DAIHATSU CABANG KOTA BANDUNG.
Pada jaman
sekarang ini mobil sudah seperti kebutuhan bagi masyarakat, apalagi mobil-mobil
yang merakyat seperti Daihatsu Xenia,dll. Lalu kami penasaran akan alasan
masyarakat dalam memilih Daihatsu Xenia ini dan apasih strategi yang digunakan
dalam penjualan mobil Daihatsu Xenia ini. Karena itu kami melakukan analisis
mengenai hal tersebut, untuk dapat memaparkan strategi penjualan Daihatsu Xenia
di Kota Bandung dan dapat menganalisis penjualan Daihatsu Xenia. Dan untuk
pemaparan penulisan ini adalah menjelaskan masalah yang terjadi dalam latar
belakang. Dari penelitian ini kami membahas tentang strategi penjualan dan
alasan mengapa Daihatsu Xenia masih pamor hingga saat ini, yang contohnya saja
dikarenakan model dan desainnya yang tidak ketinggalan zaman. Jadi dari
beberapa hal yang menjadi patokan dan pandangan kami, kami jadi mengetahui
bahwa Daihatsu Xenia masih dapat menjual produknya dengan sangat baik dan masih
dapat bersaing dengan mobil-mobil sekelasnya.
Kata Kunci:
Penjualan, Strategi, Desain Produk
. PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang Masalah
Kendaraan
saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama di semua
kalangan. Dengan semakin meningkatnya daya beli masyarakat akan mobil
trasportasi, maka permintaan akan mobil sarana transportasi ini akan meningkat
sehingga perusahaan harus mampu untuk dapat mengambil suatu langkah-langkah
kebijaksanaan dalam bidang penjualan produk kendaraan menjadi salah satu dasar
persaingan yang sangat ketat dalam hal membuat berbagai macam inovasi produksi
mobil yang terbaik, salah satunya perusahaan besar produksi mobil yaitu
Daihatsu xenia dengan membuat harga mobil yang murah dan berkulitas di
Indonesia, salah satunya di Kota Bandung. Akan tetapi ternyata memproduksi
mobil murah dan berkualitas mendapatkan beberapa hal-hal negative yang
berdampak buruk bagi Kota Bandung, jumlah volume transportasi bertambah di Kota
Bandung sudah sangat meningkat drastis tiap tahunnya. Untuk itu penelitian
mengenai asnalisis harga penjualan Daihatsu Xenia di Rezeki Toyota cabang
Bandung. Ada juga manfaat dari peneliatian ini yaitu Penelitian ini diharapkan
dapat menambah dan mengembangkan wawasan, informasi, pemikirin, ilmu
pengetahuan kepada pihak lain yang berkepentingan. Bagi penulis, diharapkan
dapat menerapkan ilmu yang diperoleh penulis dan berguna bagi kemajuan ilmu
pengetahuan. Memberikan informasi penerapan sistem penjualan pada delear
Daihatsu xenia. Penelitian ini juga dilakukan dalam kurung waktu sekitar 1
tahun, dari tahun 2018 – 2019. Pada dasarnya setiap perusahaan mempunyai tujuan
untuk memaksimalkan keuntungan baik perusahaan yang menghasilkan produk atau
jasa.Hal ini dapat tercapai apabila perusahaan bisa meningkatkan penjualan
perusahaannya. Pada umumnya kelangsungan hidup perusahaan merupakan sasaran
yang harus dicapai dan dipertahankan untuk itu diperlukan manajemen yang lebih
baik, dalam hal ini menyangkut penjualan produk yang dihasilkan perusahaan agar
tidak mengalami kerugian dalam produk dengan cara membuat mobil murah dan model
yang bagus untuk menarik dijual di pasaran khususnya daerah Cileunyi,Bandung ,
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk menulis artikel
ilmiah dan menganalisis dengan judul yaitu Analisis penjualan Daihatsu xenia di
rezeki Toyota cabang Bandung.
1.2 Batasan Masalah
Sistem
penjualan Mobil Daihatsu Xenia sangat berkaitan dengan aktifitas penduduk di Kota
Bandung. Oleh karena itu, penulis membatasi penelitian hanya pada:
1)
untuk membatasi masalah penjualan Daihatsu xenia di kota Bandung khususnya
daerah cileunyi.
2)
untuk membatasi masalah penjualan Daihatsu xenia dari tahun 2018 – 2019.
1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan
rumusan masalah tersebut, maka dapat diketahui rumusan masalah sebagai berikut:
1)
apa sajakah faktor faktor yang mempengaruhi konsumen memilih Daihatsu xenia?
2)
bagaimanakah strategi penjualan Daihatsu xenia?
1.4 Tujuan penelitian
Berdasarkan
tujuan penelitian tersebut, maka dapat diketahui tujuan penelitian sebagai
berikut:
1)
untuk memaparkan strategi penjualan di Daihatsu xenia di Kota Bandung.
2)
untuk menganalisis penjualan Daihatsu xenia.
1.5
Metode Penyusunan
Berdasarkan metode penyusunan, maka
dapat diketahui metode penyusunan sebagai berikut:
1)
Metode penulisan
metode penulisan yang digunakan
adalah menjelaskan masalah yang terjadi dalam latar belakang.
2)
Metode pengumpulan data
dengan cara mewawancara karyawan
Daihatsu xenia di cabang Bandung.
2.KAJIAN PUSTAKA
2.1 Daya Tawar Pembeli
Sama
halnya dengan para pemasok dalam suatu industri atau penjualan yang dapat
menjadi tekanan, para pembeli juga memiliki potensi menggunakan daya atau
kekuatannya sehingga dapat membuat suatu industri atau penjualan barang menjadi
kurang menarik.Pada intinya sebuah industri akan dianggap menarik jika:
a) Jumlah
pembeli dalam suatu industri tersebut besar
b) Para
pelanggan sulit mengumpulkan informasi mengenai biaya, harga, dan berbagai
fitur produk pemasok.
c) Suku
candang atau bahan baku yang dijual oleh perusahaan dalam industri atau produk
tersebut merupakan bagian yang relatif besar dari total biaya barang jadi para
pelanggan mereka
2.2 Strategi Pemasaran
Menentukan
target pasar dan potensinya adalah salah satu bagian dari penyusunan rencana
bisnis yang paling penting serta paling menantang.
Mungkin
kesalahan pemasaran terburuk yang dilakukan wirausahawan adalah kegagalannya
dalam menentukan target pasar dan mencoba untuk membuat bisnisnya sebagai
“semua produk untuk semua orang”. Pada dasarnya rencana bisnis harus dapat
menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
a) Siapa
pelanggan sasaran perusahaan (usia, jenis kelamin, tingkat penghasilan, dan
karakteristik demografi lainnya)?
b) Mengapa
mereka membeli? Apa kebutuhan dan keinginan yang mendorong keputusan pembelian
mereka
2.3 Periklanan dan Promosi
Setelah
menentukan Target pasar, langkah berikutnya adalah merencanakan promosi dan
iklan untuk meraih pelanggan secara lebih efektif
2.4 Tren dan
Ukuran Pasar
Seberapa
besar potensi pasar tersebut dan apakah pasar tersebut tumbuh atau menyusut.
Hal itu dapat dipenggaruhi oleh tren saat ini
2.5 Penetapan Harga
Berapa
biaya untuk menghasilkan dan mengirim produk atau jasa perusahaan dan berapa
laba yang dihasilkan perusahaan. Hal ini merupakan salah satu factor untuk
menetapkan harga suatu produk.
3. PEMBAHASAN
3.1 Keunggulan Daihatsu Xenia
Daihatsu
Xenia adalah salah satu mobil yang masih bertahan pamornya dari dulu sampai
sekarang dan mampu bersaing dengan mobil-mobil baru dari perusahaan lain
ataupun perusahaan sendiri yang keluar tiap tahunnya di Indonesia. Ada beberapa
faktor mengapa penjualan daihatsu xenia sesuai target dari tahun ke tahun. Yang
pertama adalah model interior dan model mobilnya yang selalu ada peningkatan
atau pembaharuan dari tahun ke tahunya yang membuat Daihatsu Xenia tidak pernah
ketinggalan jaman. Yang kedua adalah spesifikasi mesinnya yang sudah sangat
bagus untuk perjalanan dalam ataupun luar kota serta bensin yang irit. Dan
ketiga tentunya adalah harganya yang sangat bersahabat dengan kantong dan bisa
dibilang lebih murah dibanding pesaing-pesaingnya yang setipe di perusahaan
lain. Mungkin banyak mobil yang memiliki performa dan desain yang lebih baik
dari Daihatsu xenia namun harganya tidak dapat menyaingi Daihatsu xenia yang
tentunya lebih murah dengan performa dan desain yang sudah cukup baik, dan
mungkin juga banyak mobil yang lebih murah dari Daihatsu xenia tapi performa
dan desainnya tidak dapat menyaingi mobil Daihatsu xenia itu. Jadi bisa
dibilang mobil Daihatsu xenia dari segala sektor itu seimbang baik dari
performa, desain, maupun harga yang membuat peminat mobil ini masih banyak dari
tahun ke tahun.
3.2 Strategi Penjualan Daihatsu Xenia di
Dealer Rezeki Daihatsu Bandung
Penjualan
Daihatsu Xenia di rezeki Daihatsu cabang kota Bandung dan cara menyesuaikan
harganya dengan cabang lain itu adalah kunci dari keberhasilan dealer “rezeki”
kota bandung. Cara menyesuaikannya adalah dengan melihat harga pasar yg terjual
di bandung dan menurunkan harganya dengan seefesien
mungkin walaupun turunnya sedikit, agar bisa bersaing dengan dealer lain dan
juga jangan lupa berikan banyak bonus pada konsumen. Bonus dan harga adalah
suatu kunci atau hal yang menjadi tolak ukur konsumen untuk membandingkan
mobil-mobil di setiap dealer yang akan dia beli mobilnya. Sebagai pemisalan
konsumen akan membeli mobil dengan harga murah di dealer x daripada di dealer y
yang harganya lebih murah, tapi ia akan membeli mobil di dealer y jika dealer y
memberikan bonus yang lebih banyak disbanding dengan di dealer x yang bonusnya
sedikit walaupun harganya lebih murah sedikit, tapi bagaimana jika dealer z
meberikan harga yang lebih murah sedikit daripada dealer x dan memberikan
hadiah yang lebih banyak daripada dealer y maka tentu saja konsumen itu pasti
akan lebih memilih dealer z disbanding dealer x dan y.
4. PENUTUP
4.1 Simpulan
Kesimpulan
dari artikel ini adalah mobil Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil yang
masih bisa bersaing dengan mobil-mobil lain hingga saat ini, dikarenakan mobil
ini bisa mengikuti zaman dari tahun ke tahun dari segi desain interior, model
mobil, performa mobil tersebut untuk perjalanan dalam/luar kota, dan harga yang
bersahabat. Banyak mobil-mobil yang lebih bagus dari Daihatsu xenia baik dari
model ataupun performa mobilnya namun harganya tidak bisa menyaingi Daihatsu
xenia itulah kenapa Daihatsu xenia peminatnya masih banyak di Indonesia dari
tahun ke tahun. Dealer Rezeki Daihtsu kota Bandung memiliki strategi penjualan
agar bisa menjual mobil ini sesuai target yang dia inginkan yaitu dengan
menjual mobilnya sedikit lebih murah dari dealer lain dan memberikan banyak
bonus atau hadian buat konsumen.
4.2 Saran
Harapan kami buat perusahaan
Daihatsu khususnya mobil xenia agar mobil tersebut bisa selalu membuat
terobosan-terobosan baru agar bisa bersaing di tahun-tahun yang akan dating dan
tentunya dengan harga yang ekonomis. Dan untuk dealer Rezeki Daihatsu cabang
kota bandung agar memberi banyak bonus bagi konsumen dan menjual mobilnya
dengan harga yang lebih murah dibanding dealer lain. Dan harapan kami buat
pembaca agar bisa lebih memahami mobil Daihatsu xenia dan menambah referensi
anda jika ingin membeli mobil setelah membaca artikel kami.
5.
DAFTAR PUSTAKA
Hery, S. (2017). Design The Business Plan For
Star-Up Entrepreneur. Melakukan Analisis Kelayakan dan menyusun Rencana
Bisnis Yang Unggul, 3-52.
Komentar
Posting Komentar